Thursday 9 February 2017

Cara Instal Dapodik 2017 Dengan Benar

Tags

Salam satu data,
DAPODIK adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif (sumber : wikipedia).

Oleh karena itu dapodik menjadi sangat penting dalam merencanakan penidikan yang berkompetensi dan berkulitas. Dapodik diterapkan agar sistem dan perencaan pendidikan bias merata di seluruh Indonesia.  Pada tanggal 31 Januari 2017, dapdikdasmen mengumumkan aplikasi dapodik 2017 resmi dirilis. Dengan dirilisnya aplikasi dapodik 2017 tepatnya untuk menggantikan aplikasi dapodik 2016 yang selama ini digunakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017.
Langkah-langka instal dapodik 2017 sebagai berikut :
Instal dapodik 2017 terbaru
1. Persiapan Menginstal Dapodik 2017
#Menghapus versi lama atau Uninstall Dapodik 2016
Sebelum menginstal dapodik 2017 terlebih dahulu untuk menghapus atau uninstall dapodik 2016 agar tidak terjadi kelasahan database nantinya.
Untuk menghapus/ uninstal dapodik 2016, silakan ikut langkah-langkah dibawah ini.
  1. Clear Browshing history pada browse digunakan untuk membuka dapodik secara default
  2. Klik tombol Start
  3. Lalu klik Control Panel
  4. Kemudian klik Uninstal a Program
  5. Selanjutnya klik pada Dapodik 2016, kemudian klik Uninstal
Control panel Dapodik
Unistal Dapodik
Setelah anda klik uninstal, maka komputer akan melakukan proses penghapusan dapodik 2016. Tunggu hingga proses uninstall selesai. Kemudian setelah selesai, kemungkinan komputer akan meminta untuk restart ulang, langsung saja klik restart ulang komputer atau laptop.

2. Instalasi Aplikasi Dapodik 2017

Langkah selanjutnya adalah Cara Instal Aplikasi Dapodik 2017. Silahkan anda download aplikasi dapodik 2017 terlebih dahulu melalui situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Setelah anda selesai download dapodik 2017, langsung saja jalankan file Installer Dapodik 2017 dengan cara klik dua kali pada file Dapodik_2017.exe
Jika pada laptop atau komputer muncul keterangan seperti gambar di bawah ini, langsung aja klik Run.
Selanjutnya silakan klik Lanjut
Cara Instal Aplikasi Dapodik
Tahap selanjutnya silakan klik Saya Setuju, kemudian klik Lanjut.
Install aplikasi Dapodik 2017
Selanjutnya proses instalasi akan berjalan beberapa saat. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
Proses Install aplikasi Dapodik
Setelah semua proses instalasi selesai, kemudian jalankan aplikasi dapodik 2017 sehingga muncul form registrasi dapodik pada jendela browser anda.

3. Registrasi Aplikasi Dapodik 2017

Hal yang dilakukan setelah berhasil melakukan instalasi dapodik 2017 adalah registrasi dapodik. Proses registrasi wajib dilakukan untuk dapat masuk ke aplikasi dapodik dan mulai melakukan input serta update data. Proses registrasi dapodik hanya dilakukan sekali saja.
Untuk cara registrasi dapodik 2017 ada dua cara yaitu Offline dan Online. Proses registrasi secara offline membutuhkan data prefill dapodik 2017 yang bisa digenerate langsung dari halaman dapodikdasmen. Namun banyak ditemukan masalah atau error pada saat download prefill dapodik 2017 yang sudah di generate. Oleh karena itu, Contoh dan Cara registrasi dapodik 2017 kali ini akan dicontohkan secara Online.
Lihat gambar proses registrasi dapodik 2017 secara Online di bawah ini.
Biasanya setelah instal aplikasi dapodik, maka secara otomatis akan terbuka aplikasi di browser dengan alamat http://localhost:5774/registrasi seperti gambar di bawah.
proses registrasi dapodik 2017 secara Online
Pada kolom Jenis Registrasi silakan pilih ONLINE, kemudian isi Kode Registrasi dengan KOREG Dapdodik lama punya anda. Kode Registrasi Dapodik dari dulu sampai sekarang tidak pernah berubah atau ganti. Jadi silakan gunakan Kode Registrasi Dapodik yang dulu sudah anda simpan. Jika Kode Registrasi hilang atau lupa, silakan minta kepada koordinator operator dapodik tingkat kecamatan atau minta ke operator dapodik kabupaten.
Selanjutnya pada kolom Jenjang, pilih Jenjang Sekolah yang sesuai dengan sekolah anda. Misal SD-SMP-SLB. Kemudian isi username dengan email yang biasa anda gunakan untuk dapodik, isi password dan isi konfirmasi password. Jika sudah yakin data yang dimasukkan benar, silakan lanjut dengan klik Submit. Selanjutnya, aplikasi dapodik 2017 akan memprores data dan mengambil data dari server. Lihat gambar di bawah ini.
memprores data dan mengambil data dari server dapodik
Lihat pada bagian status bar diatas akan ada tulisan Memroses data. Mohon Tunggu… dan tanda hijau tersebut akan terus bergerak hingga pengambilan data dari server selesai.










This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon